Sabtu, 20 April 2013

Pemijahan Ikan Mas Koki

Yapooo...!!!
Selamat sore,, Sore ini aku akan sharing mengenai budidaya ikan mas koki..
Tapi siang aku survei ke salah satu petani ikan hias yang ada dibogor. Hehe niatnya setelah selesai kuliah ingin budidaya ikan hias nih. Jadi sekarang aku sharing ilmu yang aku dapat dari sang bapak pembudidaya ya, semoga ilmu yang aku dapat juga bisa bermanfaat bagi semuanya.

Ikan Mas Koki

Ikan Mas koki merupakan salah satu jenis ikan hias yang lumayan banyak penggemarnya. Ikan ini memiliki bentuk yang dikatakan unik dibandingkan dengan jenis ikan yang lain. Jenis ikan ini merupakan perenang lamban namun anggun. Ikan yang memiliki warna terang dengan bentuk tubuh yang unik dari ujung kepala hingga ujung ekor ini memiliki kisaran harga yang luas, mulai dari harga ribuan hingga jutaan rupiah.
Jenis ikan mas koki yang mungkin sudah dikenal:
1. Bubble eye
 Seperti namanya, ikan mas koki ini memiliki selaput seperti balon pada kedua matanya. Jenis yang ini tidak memiliki sirip punggu loh.

2. Rancu
 Nah ikan jenis rancu disebut sebagai raja ikan mas. Bentuk tubuh yang unik melengkung dan tidak memiliki sirip punggung dan dibagian kepala ada terdapat jambul. Punya banyak warna seperti orange, red, white, red-and-white, blue, black, black-and-white, black-and-red,Ikan dengan badan kuning pucat dan kepala merah sangat jarang dan langka.

  



3. Koki mutiara
Seperti namanya jenis koki ini memiliki bentuk tubuh bundar dan sisik berbintik seperti mutiara. 

4. Oranda
Jenis ini memiliki ciri khusus dibagian kepala. Adanya jambul yang menggelembung-gelembung berwarna merah menyebutnya Red cap. Ikan ini merupakan salah satu jenis ikan koki yang berukuran tubuh besar.




 


5. Lionhead
Ikan mas koki ini memiliki ciri hampir sama dengan jenis rancu. Namun pada berukuran lebih besar dan lebar. Bagian kepala juga lebih besar.


dan masih banyak lagi jenis ikan koki ini. Kalian bisa menemukannya  di situs-situs yang menyajikan jenis dan budidaya ikan ini.

Selanjutnya dalam hal berbudidaya kita juga harus tau membedakan ikan jantan dan ikan betinanya.



Jantan
Betina
Tubuh
Kecil
Besar
Perut
Langsing
Buncit
Warna
Cerah dan menarik
Tidak terlalu berbeda dengan jantan
Kelamin
alat kelamin maskoki bila dilhat dari bawah akan menunjukkan lubang kloaka yang lebih sempit
Lebih lebar dibandingkan dengan jantan


Nah itu membedakan jantan dan betina secara kasat mata. Menurut si bapak pembudidaya lebih baik kalau Betina memiliki ukuran yang lebih besar dan jantan berukuran kecil. Karena jantan dengan ukuran besar memiliki kualitas sperma yang kurang baik dibandingkan dengan yang berukuran kecil. Sedangkan betina yang berukuran besar akan memiliki jumlah dan ukuran telur yang lebih baik.

Setelah mengetahui perbedaan jantan dan betina, ikan yang akan dipijahkan harus matang gonad.Ikan jantan yang matang gonad akan memiliki "jerawat" di sirip dada bagian belakang. Jika diraba akan terasa kasar seperti terdapat butiran pasir. Jantan yang siap pijah akan mengeluarkan cairan putih susu sperma ketika dipijat bagian perut menuju lubang kelamin. Betina matang gonad memiliki ciri perut buncit dan lembek jika dipegang.

Para induk-induk yang telah matang gonad siap untuk dipijahkan. Dari perbincangan yang aku lakukan, pemijahan lebih baik dilakukan pada bak semen/beton maupun terpal dengan ukuran yang disesuaikan dengan jumlah induk. Perbandingan induk sendiri tergantung jenis ikannya, bisa 3 : 1 atau 2 : 1 antar jantan dan betina. Tambahan dari sang pembudidaya jika bisa ditambahakan daun ketapang untuk menetralisir lendir yang keluar karena lendir bersifat jahat khususnya pada jenis koki mutiara. Pada bak pemijahan juga diberikan tanaman air yang mengapung dipermukaan seperti eceng gondok sebagai tempat penempelan telur.

Anakan yang lahir baru bisa diberi makan pada hari ke3 seteha penetasan dengan pemberian kutu air.

Semoga hasil dari perbincanganku bisa bermanfaat bagi semuanya ya.

Salam cat lovers

Tidak ada komentar: