Jumat, 19 April 2013

Vertikultur

Ketemu!!!


Hyaa...
Akhirnya ketemu yang aslinya. Setelah sekian lama melihat buku dan foto-foto yang ada dibukunya, aku meliaht aslinya!! Ternyata emank harus liat aslinya untuk memahami cara kerjanya. EH apaan nih? Hehe,, maksudnya adalah sistem penanaman vertikultur atau... penanaman bertingkat.
Vertkulture biasanya diterapkan pada penanaman dilahan yang sempit misalnya di perumahan atau rumah-rumah yang ada dikota-kota besar dengan lahan dan halaman yang sempit. Vertikulture sendiri biasanya untuk tanaman-tanaman kecil seperti sayuran. 
Jenis vertikulture sendiri berbagai macam. Dari buku yang ku baca,, ada yang menggunakan bambu, ditempel di pagar, tembok maupun dibuat rangka namun dengan sistem dasar penanaman bertingkat.
Sayangnya lupa difoto tuh vertikulture yang kulihat, lain kali dimasukan deh gambarnya. Nah ini beberapa contoh yang kuambil di internet.


Ini gamba-gambar yang aku dapet dari salah satu blog yang menampilkan vertikulture. Masing-masing menggunakan paralon dan talang air sebagai wadah. benar-benat cocok untuk yang punya hobbi menanam tapi memiliki lahan sempit.
 (dikutip dari bettysofyan.guru-indonesia.net)


















Kalo untuk model yang aku lihat sendiri setelah ditanya kepada si empunya merupakan design panduan dari mahasiswa IPB. Ni aku mencoba mendesign ulang sesuai dengan ingatanku ya.

Sistem yang digunakan adalah sistem air yang terus mengalir. Jadi air akan naik menggunakan pompa dalam ember atau tong plastik melalui pipa menuju paralon paling atas, kemudian mengalir  dan turun lagi dalam tong plastik.

tanaman di tanama dalam pot" kecil atau gelas air minum di paralon utama yang dilubangi. jadi media tanam cukup yang ada dalam pot kecil atau gelas" air minum. Jika air mulai berkurang lebih baik ditambahkan, karena pompa bisa rusak jika air tidak merendam pompa sepenihnya.
Kalu untuk rak penopangnya aku lupa bagaimana bentuknya, yang penting sih kokoh dan stabil ya. hehe.
Menurutku ini vertikultur yang menarik. Waktu ketemu jenis ini secara nyata sampai kupelototi lama. Tapi niat untuk buat sendiri belum kesampaian karena belum ada waktu yang tepat. tapi pasti dicoba..

Bagi yang berminat dan hobby bertanam ayo dicoba dan kembangkan kreasi dalam vertikultur.

Salam cat lovers.

Tidak ada komentar: